Minggu, 27 Februari 2011

KESENIAN JAWA BARAT

KESENIAN TRADISIONAL JAWA BARAT

Kreasi seni tari yang menjadikan Indonesia indah dimata turis asing merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya saat saya menelusuri tayangannya di youtube. Pada postingan kali ini perkenankan saya akan terus menyajikan kreasi seni tari yang ada di Indonesia, kali ini saya coba menshare hasil penelusuran saya di Youtube.
Jawa barat adalah provinsi ketiga dalam daftar batavusqu untuk kreasi seni tari, ada banyak kreasi seni tari dari provinsi ini, mungkin karena banyaknya sejarah dan peristiwa yang tergambarkan dalam olah seni tubuh diantaranya Tari Dewi, Tari Ratu Graeni, Tari Topeng Tumenggung, Tari Topeng Kelana Udheng, Tari Kandagan, Tari Topeng Klana Cirebon, Tari Sunda, Tari Lutung Kasarung, Tari Dogdog, Tari Topeng, Tari Jaipongan, Tari Pancasari, Tari Rampak Gendang, Tari Merak dan lain lain.
Dengan permohonan maap karena ini akan saya jadikan koleksi arsip, saya akan sajikan beberapa lewat youtube, semoga para sahabat dan pembaca memakluminya

Tari Topeng Putri

Tari topeng dari Cirebon, merupakan salah satu tarian di tatar Parahyangan. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng disaat menari. Tari topeng ini sendiri banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan. Terkadang tari topeng dimainkan oleh saru penari tarian solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang.
Salah satu jenis lainnya dari tari topeng ini adalah Tari topeng kelana kencana wungu merupakan rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencana wungu yang dikejar-kejar oleh prabu Menakjingga yang tergila-tergila padanya. Pada dasarnya masing-masing topeng yang mewakili masing-masing karakter menggambarkan perwatakan manusia. Kencana Wungu, dengan topeng warna biru, mewakili karakter yang lincah namun anggun. Menakjingga (disebut juga kelana), dengan topeng warna merah mewakili karakter yang berangasan, tempramental dan tidak sabaran. Tari ini karya Nugraha Soeradiredja.
Gerakan tangan dan tubuh yang gemulai, serta iringan musik yang didominasi oleh kendang dan rebab, merupakan ciri khas lain dari tari topeng.

Tari Dewi

Tarian ini adalah tari klasik masyarakat Sunda. Ia dipentaskan dan direkam oleh STSI Bandung pada tahun 1999.

Tari Ratu Graeni

Tari Sunda ini dimainkan dengan keris. Tarian ini dikoreografi oleh Raden Tjetje Soemantri dan dipentaskan oleh mahasiswa STSI Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Tari Topeng Tumenggung

Tari Topeng Tumenggung adalah tarian yang bersal dari jawa barat, dalam topeng Tumenggung sesaat terasa nuansa atmosfir pada musik karawitan Priangan. Pada tari topeng Tumenggung ini pula diiringi oleh juru kawih/sinden. Iringan musik terasa berbeda, kendang sebagai pembungkus irama gerak tari ditabuh dengan ditepak, seperti pola kendang pada tepak kendang tari gaya Priangan.

Tari Topeng Kelana Udheng

Tari topeng hasil pengembangan Tari Kelana yang diciptakan oleh maestro tari topeng Indramayu, yaitu Mimi Rasinah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar